Sabtu, 19 Juni 2010

Lembah anai

Aia Tajun atau Aia Mancua Lembah Anai, itu lah yang orang Padang ucapkan ketika berkunjung ke ranah Minang di Sumatera Barat. Letak geografis Sumatera Barat yang berada dalam posisi patahan Sumangko, ternyata memiliki potensi sumber daya alam yang sangat mengagumkan. Salah satu dari pesona alami yang terkenal dan menjadi maskot pariwisata di Sumatera Barat adalah Air Terjun Lembah Anai.

   Air Terjun Lembah Anai yang terletak di jalur antara kota Padang dan Kota Bukittinggi ini berjarak hanya sekitar 1 jam dari Bandara Internasional Minangkabau Padang. Lokasi Air terjun Lembah Anai tepat di pinggir jalan raya trans Sumatera. Di tengah hiruk pikuk bis antar kota yang melaju membelah hutan belantara nan rimbun di jalan yang berkelok, tersembunyi sebuah lukisan alam yang sangat indah bernama Lembah Anai. Entah darimana kata Lembah Anai berasal, namun keindahan air terjun alaminya telah membuat saya jatuh hati. Perpaduan antara gemericik air terjun dengan sungai kecil yang mengalir diantara rimbunan hutan belantara, menjadikan lukisan alam yang sangat sulit untuk dilupakan dari ingatan.

  Hujan gerimis mengguyur ketika saya berkunjung ke tempat wisata air terjun ini, namun demikian itu tidak mengurangi kekaguman dan semangat saya untuk lebih mengeksplorasi pesona air terjun lembah anai. Suasana yang sejuk disertai kehadiran monyet-monyet liar dari balik rerimbunan hutan di sekitar air terjun, menambah suasana tempat wisata ini menjadi semakin menarik untuk dikunjungi.

Sekilas tentang air terjun lembah anai, ini merupakan salah satu kawasan konservasi cagar alam yang sangat dijaga keutuhan ekosistemnya dan menjadi kebanggaan bagi dunia pariwisata di Sumatera Barat. Dengan ketinggian air terjun sekitar 35 meter, air terjun lembah anai mempunyai keunikan tersendiri yaitu airnya yang jatuh agak memanjang dari atas.

Apabila berkunjung ke Sumatera Barat, tidak lengkap rasanya apabila kita tidak mengunjungi objek wisata Lembah Anai ini. Tiket masuknya pun relatif murah hanya 1500 rupiah dan kita bisa menikmati keindahan alami air terjun dengan suasana pegunungan yang sejuk dan syahdu. Apabila anda menyukai wisata alam, tempat perkemahan pun tersedia terletak tidak jauh dari lokasi air terjun. Sesungguhnya benar apa kata pepatah, bahwa Indonesia adalah negeri jamrud khatulistiwa yang kaya dengan keanekaragaman alam dan hayatinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar